Saturday, February 16, 2008

Tips buat ujian pendadaran ( Sidang )

Mumpung masih kepikiran mengenai sidang saya kemaren tgl 14 Feb 2008. Suasana sidang serasa sedikit menegangkan, pertanyaan demi pertanyaan keluar dari mulut dosen penguji kepada setiap orang dari kelompok saya ( Wiyanto, Hendry, Amelia ). Jawaban demi jawaban juga keluar dari mulut setiap anggota kelompok. Bertarung mulut dengan sengit yang dibatasi dengan meja cokelat ( Meja Dosen ;p ). Ada yang ngelirik - ngelirik, ada yang sok PeDe, ada yang senyum - senyum terus, sampe ada yang gk sadar apa yang keluar dari mulutnya sendiri ( hahaha... ). Setelah keluar sidang semua berkumpul sama temen2 yang ikutan nonton sidang buat ngebahas tentang sidang yang baru saja berjalan. Ada yang maen salah - salahan, ada yang depresi, ada yang ketakutan, ada yang serem dapat jelek, ada yang dapet berita buruk ( bokap Hendry sakit nih.. moga2 cepet sembuh.. ;p ), wah kacau deh... Tapi setelah sejenak berlalau kita org masih bisa foto - foto dulu kok sambil nunggu pengumuman nilai. Saat - saat pembacaan nilai adalah saat yang paling menegangkan ( saya akui nih tegang man... ). Dan akhirnya kita lulus dengan keberuntungan... Walaupun ada sedikit kekecewaan dan gk enak hati ama temen sendiri ( soalnya nilai yang kami dapat tidak rata. buat hati jadi gk enak... feel guilty ) tapi semua itu harus bisa kita terima.

Yah sekarang semuanya itu udah jadi kenangan yang disimpan dalam hati dan suatu saat nanti jika ngumpul - ngumpul bisa di obrolkan kembali... Special Thank's for my team ( WAH Team ).


Waduhhh... kok saya jadi malah curhat gini yah... huehuehue.. Yah.. blog adalah salah satu saran untuk menyimpan kenangan dalam bentuk teks dalam dunia maya.. huehuehue... Nih buat lo orang yang lagi mau ujian pendadaran ( Sidang ) mungkin ada beberapa Tips yang bisa jadi masukkan lo org dalam proses pembelajaran. Tips ini saya khususin untuk anak - anak Universitas Bina Nusantara Jurusan Teknik Informatika. Soalnya saya kuliah disitu dan yang dari tadi saya ceritain itu saat sidang di Binus. hehehe... Tapi mungkin tips ini berguna juga untuk mahasiswa - mahasiswa lain di luar Binus. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi kepada kawan - kawan semua.


Tips Ujian Pendadaran ( Sidang ) S1 :

1. Pada saat menjawab pertanyaan dari Dosen jgn ada kata : Mungkin, kayaknya, sepertinya, dll yang mengandung makna tidak tentu.

2. Pelajarin tentang sistem yang kamu buat. Apa manfaat dan tujuannya.

3. Pelajarin mengenai tahap - tahap pengembangannya. SDLC ( Software Development Life Cycle ) yang lo pakai apa? Misalkan Waterfall nih.. Dalam tahap analysis kamu melakukan apa dan hasilnya apa? Dalam tahap design kamu melakukan apa dan hasilnya apa? kamu melakukan apa dan hasilnya apa itu harus ada tertulis di buku skripsi loh...

4. Pelajarin Simpulan yang lo dapat itu didasarkan oleh apa? dasarnya itu bisa berupa hasil evaluasi questioner dan tujuan dari pembuatan aplikasi.

5. Pelajarin juga landasan teori yang kamu pakai untuk pembuatan applikasi kamu.

6. Harus tau jelas permasalahan yang mendasari kamu untuk membuat skripsi itu apa? terus system usulan yang kamu kemukakan itu dapat mengatasi permasalahannya itu apa ngk?? Soalnya tujuan dari skripsi itu kan membuat suatu sistem yang dapat mengatasi permasalahan yang ada.

7. Kadang - kadang dosen suka nanya yang aneh2 nih.. Berikut saya jabarin dan saya kasih tau jawabannya...

  • - Analisa itu apa sih?? Analisa adalah memecahkan masalah menjadi beberapa bagian. Melihat keterkaitan antara bagian - bagian tersebut dan mengambil kesimpulan.
  • - Tujuan itu apa sih?? Tujuan adalah apa yang ingin kita capai.
  • - Manfaat itu apa sih?? Manfaat adalah apa yang dapat diperoleh.
  • - Kalau misalkan lo buat program pake bahasa pemograman "XYZ" nanti di tanya kenapa pake "XYZ". Misalkan buat program pake VB.Net, ntr di tanya kenapa pake VB.Net? Kelebihannya apa? Kekurangannya apa?

8. Kalau kamu buat skripsinya itu bukan sendirian ( mempunyai team ), sering - sering lah ngumpul - ngumpul bersama ngobrolin mengenai sistem yang dibuat. Dalam tahap perancangannya kalian ngapain? Pokoknya samain jawaban deh... Sering - sering melakukan komunikasi antar sesama team. Saling percaya antar sesama team. Dan tentu juga harus percaya diri dalam pembuatannya...


OK.. sekian dulu Tips dari saya... nanti kalo ada kepikiran lagi saya posting lagi deh... kalo dari temen - temen ada yang mau tambahin kasih tau aja yah di komentar... terima kasih...

No comments: